WISATA

Berkunjung Ke Puncak Jawa

Buat sebagian orang berkunjung ke gunung semeru yang notaben nya adalah gunung dengan puncak tertinggi di pulau jawa adalah sebuah impian. Untuk mewujudkan impian tersebut membutuhkan persiapan baik fisik, mental dan tentunya budget sebagai pendukung. Tulisan ini bermaksud untuk menguatkan beribu-ribu tulisan tentang semeru ini. Bahasan pertama yang wajib adalah bagaimana mencapai tempat ini.

1.Menuju Semeru

Untuk menuju semeru banyak alternatif moda transportasi yang bisa kita pakai mulai dari bus,kereta,pesawat terbang.Namun berhubung penulis tidak pernah menggunakan moda transportasi udara jadi tidak akan dibahas ok. Selain itu karena penulis sekarang berdomisili di surabaya,dan pernah bareng sama anak jakarta kesana jadi start awal perjalanan dari kedua kota ini.

Start awal surabaya:

– Kereta api

Untuk menuju kesana menggunakan transportasi ini bisa menggunakan kereta ekonomi penataran yang berawal dari stasiun gubeng. Menurut jadwal yang valid bulan juli 2010 jadwal keberangkatan dari stasuin ini adalah pukul 04.55,07.40,10.55,15.20,16.20,18.25. Setelah menempuh perjalanan selama 3 jam maka kita akan sampai di statsiun kota malang. Dari sini kita dapat menggunakan angkot ke terminal arjosari,lanjut angkota tumpang atau kita langsung charter sampai pasar tumpang sebagai gerbang awal ke semeru.Harga nya rp 8000 tergantung kemapuan nego kita.

-Bus

Dari terminal purabaya kita dapat menuju kesana dengan menumpang bus jurusan malang harga tiket sekitar 8 sampe 15rb rupiah.Turun terminal arjosari langsung lanjut terminal tumpang.

Start awal jakarta

-Kereta api

Jika kita berawal dari jakarta kita dapat menumpang kereta api matarmaja yang berawal dari senen ( jadwal liat situs atau datang langsung).Turun di stasuin malang lanjut seperti dari surabaya.

– Bus

Gunakan bus tujuang malang atau jika tidak ada bisa menggunakan bis jurusan surabaya yang nanti nya seperti start dari surabaya.

Setelah kita dapat menuju tumpang maka kita harus menyewa jeep sampai pos perizinan ranupane. Harga sewa jeep bulan juli 2010 sekitar 450rb satu jeep.Bisa dipakai max.15 orang tapi nampak nya tidak akan terlalu dinikmati perjalanannya.

2.Pejalanan semeru

Start awal dari pos ranupane kemudian jalan menyusuri jalan aspal setelah berjalan sejauh 500 meter kita berbelok ke arah kanan(ikuti petunjuk),lurus sekitar 300m akan bertemu jalan kecil dengan tanda tugu pembatas dari sini kita akan berjalan terus mengikuti jalur yang ada.Setelah berjalan 2 jam kita akan menemui pos pertama.jalur di dominasi pohon2 samping kanan dan kiri. Seteleh 4-6 jam kita akan sampai di pos ranukumbolo. Di pos ini kebanyakan pendaki melakukan camp satu malam.Sumber air tersedia banyak disini karena ada danau alami. Perjalanan dilanjutkan menuju tanjakan cinta dengan sudut elevasi sekitar 45derajat selama +- 500 meter. Selanjut nya akan melewati oro-oro ombo dengan jalur di dominasi oleh tanaman perdu setinggi bau orang dewasa. Setelah berjalan selama 4-6 jam kita dapat sampai di pos kalimati dengan keadaan lapang.Terdapat sumber air disini di pos sumber mani dengan menempuah perjalanan sekitar +- 1 jam dari kalimati. Di pos kalimati ini biasanya pendaki melakukan camp sampai  menunggu dini hari untuk menuju puncak. Dari kalimati kita terus menuju pos arcopodo setelah berjalan sekitar 1-2 jam dengan perjalanan menanjak samping kana kiri pohon.Kemudian dari arcopodo kita dapat menunjuk puncak setelah berjalan sekitar 4-6 jam dengan menanjak pastinya dan jalur berpasir kasar jadi harus berhati-hati.

Sekian tulisan singkat ini semoga memberi gambaran. Dan saran terakhir ikut jalur yang telah di tentutkan oleh pihak pengelola untuk menghindari tersesat. Selamat mendaki

Standar

2 thoughts on “Berkunjung Ke Puncak Jawa

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s