CAMPUR SARI

Organisasi dalam PMBOK

Kembali mode on lagi buat nulis222,lumayan lagi ada ide karena baru aja terbangun dari mimpi setelah beberapa jam bergulat dengan panas nya kota pahlawan tercinta Surabaya.Ide itu adalah bagaimana urgensi sebuah organisasi dalam sebuah project.

Seperti kita tahu bersama bahwa dalam mengerjakan sebuah project baik itu skala kecil atau skala besar pasti membutuhkan kumpulan orang-orang yang memiliki satu tujuan bersama nah ini lah yang namanya organisasi. Dalam PMBOK,ada beberapa hal penting yang mempengaruhi sebuah project atau dalam hal ini bisa dikatakan perusahaan yang berhubungan dengan organisasi yaitu diantaranya :

  1. Sistem organisasi
  2. Struktur organisasi
  3. Budaya organisasi
  4. Gaya kepemimpinan

Dalam PMBOK sistem organiasi dalam sebuah perusahaan dikenal dua istilah yaitu sistem organisasi berbasis manajemen project dan non project. Dalam sistem organisasi berbasis manjemen project sumber pendapatannya diperoleh melalui aktvitas yang dilakukan dengan pendekatan proyek seperti perusahaan kontrakor bangunan dll. Sehingga dalam hal ini perusahaan dengan sistem ini tergantung pada jumlah project yang ditangani dengan semakin banyak project yang dapat di kerjakan maka income akan semakin banyak dan begitu pula sebalik nya

Jika sistem berpengaruh terhadap income yang didapat maka untuk menggerakan sebuah perusahaan harus terdapat struktur yang jelas.Dikenal dua struktur dalam PMBOK yaitu :

  1. Organisasi dengan struktur berbasis fungsional
  2. Organisasi dengan struktur berbasis project

Pada jenis pertama anggota dalam project diambil dari berbagai individu dari beberapa fungsi organisasi yang berbeda misal dari keuangan,operasional dll. Pada jenis ini command and control sangat terasa. Sedangkan pada jenis yang kedua anggota dalam project diambil dari individu yang telah memiliki spesifikasi sama sehingga potensi keberhasilan project dinilai cukup tinggi.

Standar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s